18 Bidang yang Diprioritaskan dalam Beasiswa Unggulan

Beasiswa unggulan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud menjadi salah satu produk beasiswa dalam negeri yang menjadi incaran dari banyak masyarakat. Khususnya adalah mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, hanya saja terkendala dari segi biaya. Apalagi bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya setiap tahun biaya pendidikan memang senantiasa mengalami peningkatan. Sehingga untuk beberapa kalangan tertentu mungkin akan agak kesulitan di dalam mengejar cita-citanya.

Baca Juga :

Program beasiswa dari Kemendikbud ini sendiri terbagi atas 3 jenis, diantaranya adalah untuk menempuh pendidikan sarjana atau S1, Magister atau S2 dan juga Doktor atau S3. Pastinya juga ada banyak sekali syarat-syarat atau ketentuan yang diberikan untuk bisa mendapatkan beasiswa ini dan memang tidak semua bidang nantinya bisa dimasuki dengan program beasiswa dari pemerintah tersebut. Khusus untuk tingkat persaingannya sendiri terbilang cukup tinggi, sehingga harus melakukan persiapan yang benar-benar matang agar nantinya Anda bisa diterima.

Persiapan yang harus dilakukan diantaranya adalah mulai dari memenuhi berkas dokumen, dilanjutkan dengan mengikuti seleksi-seleksi lanjutan yang diberikan. Tentunya harus diimbangi dengan belajar. Karena jika tidak tentunya akan sangat sulit untuk bisa lolos ke tahapan-tahapan tersebut. Patut untuk diketahui juga berikut ini diantaranya bidang-bidang prioritas untuk penerima beasiswa unggulan, yaitu:

  1. Pendidikan, bidang prioritas yang utama adalah mereka yang bekerja di institusi pendidikan atau ingin menjadi seorang guru, terutama adalah pada pendidikan PAUD dan juga PGSD yang butuh tenaga-tenaga lebih terampil atau ahli.
  2. Kurikulum dan juga pepadogi, pedadogi ini sendiri dikenal sebagai seni atau ilmu dalam menjadi guru, nyatanya banyak orang yang menyandang status sebagai seorang guru, hanya saja masih belum tahu cara mengajar yang baik sehingga murid-murid mereka bisa paham apa maksud yang ingin disampaikan.
  3. Manajemen dan kebijakan pendidikan, tentunya juga terfokus kepada orang-orang yang bekerja di ruang lingkup pendidikan.
  4. Perfilman, jangan salah karena sekarang industri hiburan juga semakin maju, nyatanya pemerintah juga membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang ini, ada dana besar yang disiapkan untuk mendukung beasiswa bagi mereka yang kuliah di bidang ini.
  5. Seni pertunjukan, tidak jauh berbeda dibandingkan dengan perfilman.
  6. Seni musik, pemerintah juga memberikan beasiswa kepada mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jurusan seni musik ini.
  7. Kebudayaan, bagi Anda yang kuliah mengambil jurusan ini atau bekerja di instansi pemerintahan bagian kebudayaan maka bisa mencoba mendapatkan beasiswa yang ditawarkan.
  8. Bidang perpustakaan atau pengelola kearsipan.
  9. Bidang arkeologi atau permuseuman.
  10. Bidang teknologi informasi atau IT.
  11. Bidang kebijakan publik.
  12. Bidang pariwisata.
  13. Bagian industri kreatif.
  14. Bidang teknologi pangan dan pengelolaan hasil pertanian.
  15. MIPA atau sains juga mendapatkan porsi dari pemerintah untuk beasiswa tersebut.
  16. Bidang maritim atau kelautan.
  17. Bidang pertanian ditawarkan dalam porsi yang cukup besar.
  18. Bidang energi.

Banyak sekali bukan prioritasnya, jika Anda termasuk salah satu diantaranya, maka tidak ada salahnya mulai dari sekarang mendaftar beasiswa unggulan. Tentunya sangat menguntungkan, karena ia tak hanya mengcover biaya pendidikan saja, melainkan lebih dari itu, diantaranya penerima beasiswa tersebut juga bisa mendapatkan biaya untuk buku, penelitian hingga uang saku tiap bulannya, sangat menguntungkan bukan. Bagi yang sedang bekerja juga mendapatkan hal istimewa karena dapat melanjutkan pendidikan tanpa harus resign.